Materi Tentang Astronomi

1. (DND) Koordinat Antares adalah α= 16h 29m 24,40s , δ = -26° 25′ 55.0″. Tentukanlah waktu sideris pada saat bintang Antares terbit dan terbenam di Jakarta (φ = -6° 10′ 28″), dan abaikan refraksi oleh atmosfer Bumi.

2. Untuk menentukan waktu menanam padi pada tahun ini, seorang petani yang berada di kota A (λ = 7h 10m 27s BT dan φ = -6° 49′) menggunakan posisi gugus bintang Pleiades (α = 3h 47m dan δ = 20° 7′) yang diamati pada jam 7 malam waktu lokal.

3. Kebiasaan ini telah dilakukan oleh para petani di pulau Jawa sejak abad ke-17. Pengamatannya dilakukan dengan menggunakan selongsong bambu yang diisi penuh dengan air, dan diarahkan ke gugus bintang Pleiades di arah timur. Volume air yang tumpah akan menandai posisi Pleiades cukup tinggi untuk dimulai musim menanam padi pada tahun tersebut.

4. Jika panjang selongsong bambu adalah 100 cm dan diameternya 10 cm, dan selongsong tersebut diisi air sampai penuh. Kemudian diarahkan ke Pleiades, dan ternyata air yang tumpah sebanyak 0,785 liter. Tentukan kapan waktu pengamatan Pleiades yang dilakukan petani tersebut?

5. Angin matahari yang isotropik (sama ke segala arah) menyebabkan laju kehilangan massa matahari 3×10-14 MMatahari setiap tahunnya.

a. Berapa massa yang di’tangkap’ setiap hari oleh Bumi ketika mengelilingi matahari?

b. Berapa persen pertambahan berat badan kita setiap hari akibat pertambahan massa bumi yang disebabkan oleh angin matahari ini?

6. Pada saat sebuah bintang masif meledak menjadi sebuah supernova, maka bintang tersebut akan bertambah terang dalam waktu yang singkat dengan luminositasnya 40 milyar kali lebih besar daripada luminositas Matahari. Jika supernova seperti itu tampak di langit seterang Matahari, berapakah jarak supernova tersebut?

7.Pengamatan pada panjang gelombang radio pada suatu awan gas yang berputar disekeliling sebuah lubang hitam (black hole) yang berada di pusat galaksi X memperlihatkan bahwa radiasi yang berasal dari transisi hidrogen (frekuensi diamnya = 1420 MHz) terdeteksi pada frekuensi 1421,23 MHz.

a. Hitunglah kecepatan awan ini dan apakah awan ini bergerak menuju atau menjauhi kita?

b.  Jika awan gas ini berada 0,2 pc dari lubang hitam, dan orbitnya berupa lingkaran, hitunglah massa lubang hitam.

7. Pada saat oposisi Bumi- Planet dan Matahari mendekati satu garis lurus, konfigurasinya adalah:

a. Planet – Bumi – Matahari

b. Bumi – Planet – Matahari

c. Planet – Matahari – Bumi

d. Matahari – Planet – Bumi

e. Tidak ada yang benar

8.Pada saat konjungsi Bumi-Planet dan Matahari mendekati satu garis lahir lurus, konfigurasinya adalah;

a. Planet – Bumi – Matahari

b. Bumi – Planet – Matahari

c. Planet – Matahari – Bumi

d. Matahari – Planet – Bumi

e. Tidak ada yang benar

9.  Jika setengah sumbu panjang dan eksentrisitas planet Mars adalah a = 1,52 dan e = 0,09 sedangkan untuk Bumi a = 1 SA dan e = 0,017. Kecerlangan maksimum Mars pada saat oposisi, terjadi ketika jaraknya dari Bumi pada saat itu;

a. 0,37 SA

b. 0,27 SA

c. 0,32 SA

d. 0,40 SA

e. 0,50 SA

10. Pada saat oposisi Bumi- Planet dan Matahari mendekati satu garis lurus, konfigurasinya adalah:

a. Planet – Bumi – Matahari

b. Bumi – Planet – Matahari

c. Planet – Matahari – Bumi

d. Matahari – Planet – Bumi

e. Tidak ada yang benar

11. Pada saat konjungsi Bumi-Planet dan Matahari mendekati satu garis lahir lurus, konfigurasinya adalah;

a. Planet – Bumi – Matahari

b. Bumi – Planet – Matahari

c. Planet – Matahari – Bumi

d. Matahari – Planet – Bumi

e. Tidak ada yang benar

12.  Jika setengah sumbu panjang dan eksentrisitas planet Mars adalah a = 1,52 dan e = 0,09 sedangkan untuk Bumi a = 1 SA dan e = 0,017. Kecerlangan maksimum Mars pada saat oposisi, terjadi ketika jaraknya dari Bumi pada saat itu;

a. 0,37 SA

b. 0,27 SA

c. 0,32 SA

d. 0,40 SA

e. 0,50 SA

13. Jika setengah sumbu panjang dan eksentrisitas planet Mars adalah a = 1,52 dan e = 0,09 sedangkan untuk Bumi a = 1 SA dan e = 0,017. Kecerlangan minimum Mars pada saat oposisi, terjadi ketika jaraknya dari Bumi pada saat itu;

a. 0,67 SA

b. 0,70 SA

c. 0,72 SA

d. 0,37 SA

e. 0,50 SA

14. Elongasi maksimum terjadi ketika jarak Bumi ke Matahari dan jarak Planet ke Matahari memenuhi kaedah;

a. Jarak planet maksimum, jarak bumi minimum

b. Jarak planet maksimum, jarak bumi maksimum

c. Jarak planet minimum, jarak bumi minimum

d. Jarak planet minimum, jarak bumi maksimum

e. Tidak ada yang benar

15. Elongasi minimum terjadi ketika jarak Bumi ke Matahari dan jarak Planet ke Matahari memenuhi kaedah;

a. Jarak planet maksimum, jarak bumi minimum

b. Jarak planet maksimum, jarak bumi maksimum

c. Jarak planet minimum, jarak bumi minimum

d. Jarak planet minimum, jarak bumi maksimum

e. Tidak ada yang benar

16. Yang dimaksud konjungsi inferior adalah ketika terjadi konfigurasi;

a. Bumi – Planet – Matahari

b. Matahari – Bumi – Planet

c. Planet – Bumi – Matahari

d. Bumi – Matahari – Planet

e. Tidak ada yang benar

17. Yang dimaksud konjungsi superior adalah ketika terjadi konfigurasi;

a. Bumi – Planet – Matahari

b. Matahari – Bumi – Planet

c. Planet – Bumi – Matahari

d. Bumi – Matahari – Planet

e. Tidak ada yang benar

18. Sebagian besar anggota Tata Surya bila dilihat dari kutub utara ekliptika, bergerak berlawanan dengan putaran jarum jam. Gerak seperti ini disebut;

a. Indirek

b. Prograde

c. Retrogade

d. Helix

e. Beraturan

19. Beberapa komet dan satelit dalam Tata Surya bila dilihat dari kutub utara ekliptika, bergerak searah dengan putaran jarum jam. Gerak seperti ini disebut;

a. Direk

b. Prograde

c. Retrogade

d. Helix

e. Tidak beraturan

20. Sinar matahari terutama berasal dari

a. Corona

b. Flare

c. Fotosfer

d. Kromosfer

e. Sunspot

21. Temperatur fotosfer matahari dalam derajat Kelvin kira-kira;

a. 1.000.000

b. 5.800

c. 5.000.000

d. 20.000

e. 3.000

22. Garis Fraunhover adalah;

a. Filamen tipis dan terang yang terlihat dalam foto matahari dalam cahaya hidrogen atom

b. Garis emisi dalam spektrum piringan hitam

c. Garis emisi dalam spektrum korona ketika diamati selama gerhana matahari total

d. Garis absorpsi berbagai elemen dan spektrum piringan hitam

e. Garis absorpsi dalam spektrum flare matahari

23. Radius matahari besarnya 110 kali radius bumi dan densitas rata-ratanya ¼ densitas rata-rata Bumi. Dengan data ini, massa matahari besarnya;

a. 1.330.000

b. 330.000

c. 25.000

d. 3.000

e. 10.000

24. Di dalam gugusan suatu gugus bintang terdapat 50 buah bintang. Bintang-bintang di dalam gugus itu kemudian dikelompokkan berdasarkan ukurannya menjadi kelompok bintang berukuran besar dan berukuran kecil. Ternyata ada 27 bintang yang termasuk kategori besar. Selain itu dikelompokkan juga berdasarkan temperaturnya menjadi dua kelompok, bintang bertemparatur tinggi dan rendah. Ternyata ada 35 bintang yang termasuk kategori bertemperatur tinggi. Jika ada 18 bintang besar dan bertemperatur tinggi, ada berapa banyak bintang kecil yang bertemparatur rendah ?

a. 4 bintang

b. 5 bintang

c. 6 bintang

d. 7 bintang

e. 8 bintang

25. Seorang astronot sedang menyiapkan barang-barang yang akan dibawa ke International Space Station, sebuah stasiun angkasa luar. Ada dua kotak berbentuk kubus yang dapat digunakan sebagai wadah. Rusuk (sisi) kotak pertama 4 dm lebih panjang daripada rusuk kotak kedua. Jika kotak pertama dapat memuat barang 784 dm3 lebih banyak daripada kotak kedua, maka luas permukaan kotak pertama (yang lebih besar) adalah :

a. 2,16 m2

b. 3,6 m2

c. 6 m2

d. 7,2 m2

e. 9,6 m2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ESSAY

1.) Diketahui jarak α Centarury A dari Matahari adalah 4,4 tahun cahaya dan magnitudo semu Matahari dilihat dari Bumi adalah, m = −26. Koordinat ekuatorial α Centaury A adalah (α,δ) = (14h39,5m, −60o50’). Seorang astronot dari Bumi pergi ke bintang itu kemudian melihat ke arah Matahari. Jika astronot itu menggunakan peta bintang dari Bumi dan menggunakan sistem koordinat ekuatorial Bumi dengan acuan bintang-bintang yang sangat jauh, berapakah koordinat ekuatorial dan magnitudo matahari menurut astronot itu ?

2.) Sebuah asteroid ketika berada di perihelium menerima fluks dari matahari sebesar F0 ketika di aphelium ia menerima sebesar 0,5 F0. Orbit asteroid mempunyai setengah sumbu pendek b = 1,3 SA. Pertanyaannya;

a) berapakah periode asteroid ini

b) ketika di aphelium berapakah kecepatan lepas asteroid ini ?

3.) Ada sebuah bintang ganda gerhana yang kedua bintang anggotanya sama persis, radiusnya sama, temperaturnya sama, dan inklinasi orbit 90o. Bila ditilik kurva cahaya (grafik magnitudo terhadap waktu) bintang ganda itu, berapakah perbedaan magnitudo antara keadaan paling terang dan keadaan paling redup ?

4.) Sebuah bintang ganda terdiri dari sebuah bintang maharaksasa biru yang massanya 90 massa matahari dan sebuah bintang katai putih bermassa kecil. Periode orbit bintang ganda itu adalah 12,5 hari. Karena temperatur bintang raksasa itu sangat tinggi, ia mengalami kehilangan massa melalui angin bintang yang dihembuskannya. Setiap tahun bintang raksasa itu kehilangan massa 10−6 kali massa matahari. Jika diasumsikan jarak antara kedua bintang itu tidak berubah. Hitunglah periode orbit bintang ganda itu 10 juta tahun kemudian.

5.) Sebuah bintang ganda gerhana mempunyai periode 50 hari. Dari kurva cahayanya seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah, tampak bahwa bintang kedua menggerhanai bintang pertama (dari titik A sampai D) dalam waktu 10 jam (saat kontak pertama sampai kontak terakhir), sedangkan dari titik B sampai titik C yaitu saat gerhana total, lamanya adalah 1 jam. Dari spektrumnya diperoleh bahwa kecepatan radial bintang pertama adalah 20 km/s dan bintang kedua adalah 50 km/s. Apabila orbitnya dianggap lingkaran dan inklinasinya i = 90o, tentukanlah radius bintang pertama dan kedua dan juga massa kedua bintang.

6. Coba jelaskan kembali bagaimana proses pembangkitan energi Matahari.

7. Jelaskan mengapa proses tsb (nomor 1) hanya berlangsung di inti Matahari, tidak di permukaannya?

8. Jelaskan prediksi astronom tentang akhir hidup Matahari.

9. Jelaskan mengapa semua bintang (termasuk Matahari) akan berhenti bersinar suatu saat nanti.

10. Jelaskan apa itu solar flare

About ekogeografi

guru geografi SMAN 1 Kedungwuni,Pekalongan :)
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s